Sabtu, 07 Oktober 2017



ARTIKEL TENTANG SEJARAH, KONSEP NEW MEDIA DAN PENERAPAN NEW MEDIA DI BERBAGAI SITUS 


(Tugas softskill : Peng.Tek.Internet & New Media)



Saat mendengar kata New Media pastilah yang terlintas dipikiran kita adalah suatu media baru, suatu media yang berasal dari perkembangan ilmu teknologi yang secara tidak lagsung sangat mempengaruhi budaya dan cara Pendidikan dilingkungan masyarakat, media baru pun memiliki berbagai macam bentuk dimulai dari media elektronik hingga media cetak. Pada media elektronik pada zaman manusia belum memiliki tv, semua orang mendapatkan berita-berita secara langsung melalui radio hingga pada saat orang mengenal tv dan memilikinya maka kebiasaan orang yang dulunya suka mendengarkan radio pun kini mulai ditinggalkan. Apakah anda sadar bahwa perkembangan teknologi sangatlah cepat ?  Kini Televisi bukanlah suatu benda yang menjadi titik fokus masyarakat untuk mendapatkan informasi karna pada zaman yang modern ini kita sudah sangat mengenal internet. Seperti yang kita ketahui internet adalah jaringan antar komputer yang mempunyai hubungan langsung satu komputer ke komputer lain di dunia yang mempunya alamat internet masing-masing yang dinamai web atau dengan kata lain saya mengatakan bahwa internet adalah sumber untuk menggali informasi yang kita inginkan sedalam mungkin. Jika kita ingin mencari tahu apa saja bahaya ransomware kita tidak perlu mencari informasi yang kita inginkan melalui buku , kita dapat mengetikkan dengan mudah dengan jemari kita dengan mengakses internet yang kita miliki. “Bagaimanakah bahaya  ransomware? ” tidak perlu menunggu waktu yang lama, sekejap itupun kita langsung mendapatkan informasi yang kita inginkan dari berbagai situs.

Pada new media kali ini yang akan dibahas ialah mengenai sejarah, konsep new media dan penerapan new media di berbagai situs serta contoh implementasi dari new media secara mendetail . Setelah adanya komputer banyak dari sebagian masyarakat di bumi menghabiskan waktunya didepan komputer hanya untuk menyelesaikan pekerjaannya dari cara bekerja yang seperti itu pun telah terlihat bahwa hilangnya sifat kebuadayan dan saling interaksinya manusia secara langsung dan cara kerja sama sesama manusia karena apa yang dihasilkan komputer lebih cepat dan bagus.

1.Sejarah New Media



Pada tahun 1960, hubungan antara komputasi dan seni radikal mulai tumbuh lebih kuat. Tidak sampai 1980-an yang Alan Kay dan rekan-pekerja di Xerox PARC mulai memberikan kekuatan komputer pribadi untuk individu, daripada memiliki organisasi besar bertanggung jawab atas ini."Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, bagaimanapun, tampaknya kita menyaksikan berbagai jenis hubungan paralel antara perubahan sosial dan desain komputer ,. Meskipun tidak berhubungan kausal konseptual masuk akal bahwa Perang Dingin dan desain Web berlangsung tepat waktu yang sama

Sampai tahun 1980-an media terutama bergantung pada media cetak dan analog siaran model, seperti orang-orang dari televisi dan radio . Penggunaan komputer digital telah mengubah sisa 'tua' media menjadi suatu new media, seperti yang disarankan oleh munculnya televisi digital dan publikasi online . Bahkan bentuk media tradisional seperti mesin cetak telah diubah melalui penerapan teknologi seperti manipulasi gambar perangkat lunak seperti Adobe Photoshop dan alat-alat desktop publishing lainnya

W. Andrew L. Shapiro (1999) berpendapat bahwa "munculnya baru, teknologi digital sinyal radikal pergeseran Potensi yang mengendalikan informasi, pengalaman dan sumber daya (Shapiro dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Russell Neuman (1991) menunjukkan bahwa sementara "media baru" memiliki kemampuan teknis untuk menarik satu arah, dan sosial ekonomi kekuatan tarik kembali ke arah yang berlawanan. Menurut Neuman, "Kami menyaksikan evolusi jaringan interkoneksi universal audio, video, dan komunikasi teks elektronik yang akan mengaburkan perbedaan antara komunikasi interpersonal dan massa dan antara komunikasi publik dan swasta" (Neuman dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Neuman berpendapat bahwa New Media akan:

* Mengubah arti jarak geografis.
* Memungkinkan untuk peningkatan yang sangat besar dalam volume komunikasi .
* Memberikan kemungkinan meningkatkan kecepatan komunikasi.
* Memberikan kesempatan untuk komunikasi interaktif.
* Memungkinkan bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah untuk tumpang tindih dan interkoneksi.

Akibatnya anggapan dari cendekiawan seperti Douglas Kellner , Callum Rymer dan James Bohman bahwa media baru, dan terutama internet, memberikan potensi yang demokratis postmodern ruang publik, di mana warga negara dapat berpartisipasi dalam informasi dengan baik, debat non-hirarkis berkaitan dengan struktur sosial mereka. positif dari penilaian potensi dampak sosial yang baru adalah media sarjana Berbeda seperti Ed Herman dan Robert McChesney yang telah menyarankan bahwa transisi ke media baru telah melihat beberapa kuat transnasional telekomunikasi perusahaan yang mencapai tingkat pengaruh global yang sampai sekarang terbayangkan .

Kontribusi ke lapangan seperti Callum Rymer (2009) dan presentasi baru-baru ini di Wikipedia, serta Lister et al. (2003) dan Friedman (2005) telah menyoroti baik dan negatif potensial dan aktual implikasi positif dari teknologi media baru, menunjukkan bahwa beberapa karya awal ke dalam studi media baru bersalah karena teknologi determinisme - dimana dampak media ditentukan oleh teknologi sendiri, daripada melalui menelusuri jaringan sosial kompleks yang diatur pengembangan, pendanaan, pelaksanaan dan pengembangan teknologi masa depan apapun.

Untuk memperjelas sejarah new media, saya akan memaparkannya kedalam bentuk table

Tahun
Kejadian
1960
Hubungan antara komputasi dan seni radikal mulai tumbuh lebih kuat.
1980-1990
Media bergantung pada media cetak dan analog siaran model, seperti orang-orang dari televisi dan radio
2000-sekarang
Munculnya berbagai situs baru dan inovasi-inovasi new media semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi



2.Konsep New Media


Sebelum kita mengetahui mengenai arti sesunggunya media baru, tentunya kita perlu memahami mengenai apa sebenarnya media terlebih dahulu. Untuk beberapa enam puluh tahun kata 'Media', telah digunakan sebagai istilah kata tunggal (Williams 1976: 169). Kata media sering disangkutkan khususnya sebagai media komunikasi yang digunakan oleh lembaga maupun organisasi untuk mengkomunikasikan maupun memberikan informasi. Dengan adanya media muncul berbagai sarana aktivitas yang dapat memberikan dampak terhadap publik
Sebagai contoh media televisi mempunyai berbagai banyak saluran yang dapat memberikan banyak informasi bagi publik. Tentunya dibalik media tersebut mempunyai makna khusus bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Dapat dikatakan bahwa isi atau konten dari media yang dibagikan, diterima dan dikonsumsi oleh publik tentunya diatur dan dikendalikan. Hal ini menjadi topik perbincangan dan perdebatan mengenai media, karena dengan berkembangnya teknologi tentunya bukan hanya media saja yang mengalami perubahan tetapi juga publik yang semakin lama semakin cerdas dan dapat memilih media yang mereka mau. Jika tadi adalah pengertian media maka apakah sebenarnya media baru itu?
Media baru  ada dikarenakan adanya teknologi baru yang dapat menggantikan sistem kerja media lama. Semakin berkembangnya teknolgi perubahan bentuk, produksi, distribusi, dan konsumsi media menjadi lebih kompleks. Dengan demikian muculnya istilah media baru merupakan sesuatu hal yang cepat dan berkelanjutan atas berkembangnya tekologi.
Media baru tidak tergolong problematik, dalam buku ini menjelaskan tiga jawaban untuk menjawab hal tersebut. Pertama karena media dianggap sebagai dari jaman yang penting apakah sebagai penyebab atau efek, mereka adalah bagian dari yang lebih besar bahkan hingga perubahan sejarah global. Kedua, adanya dorongan yang kuat dari pemberharu idealis dan ideologi positif akan konsep 'baru'. Ketiga, dengan adanya istilah 'portmanteau' berguna dan inklusif untuk menghindari dan mengurangi 'media baru' akan istilah-istilah teknis atau lebih spesialis (dan kontroversial).
Lev Manovich dalam pengantar Reader New Media, New Media mendefinisikan dengan menggunakan delapan proposisi sederhana dan ringkas:
1.    Media baru versus Cyberculture
Cyberculture adalah berbagai fenomena sosial yang berkaitan dengan internet dan jaringan komunikasi (blog, online multi-player game), sedangkan New Media adalah lebih peduli dengan benda-benda budaya dan paradigma (digital untuk televisi analog, iPhone).
2.    New Media sebagai Teknologi KomputerDigunakan sebagai Platform Distribusi
New Media adalah obyek budaya yang menggunakan teknologi komputer digital untuk distribusi dan pameran. misalnya (setidaknya untuk sekarang) internet, situs Web, multimedia komputer, Blu-ray disk dll Masalah dengan hal ini adalah bahwa definisi harus direvisi setiap beberapa tahun. Istilah “media baru” tidak akan “baru” lagi, karena kebanyakan bentuk budaya akan didistribusikan melalui komputer.
3.    New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software
Bahasa New Media didasarkan pada asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua benda budaya yang mengandalkan representasi digital dan komputer berbasis pengiriman melakukan berbagi sejumlah kualitas umum. Media baru dikurangi menjadi data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Contohnya adalah gambar disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna, abu-abu-skala, mengasah, rasterizing, dll
4.    New Media sebagai Mix Budaya Antara Konvensi yang ada dan Konvensi Perangkat Lunak
“Media Baru hari ini dapat dipahami sebagai campuran antara konvensi budaya yang lebih tua untuk representasi data, akses, dan manipulasi dan konvensi terbaru dari representasi data, akses, dan manipulasi itu. “tua” Data adalah representasi dari realitas visual dan pengalaman manusia, dan “baru” Data adalah data numerik komputer ini terus keluar dari tombol “kreatif” keputusan, dan didelegasikan kepada posisi teknisi. misalnya dalam film, perangkat lunak digunakan di beberapa daerah produksi, dalam diri orang lain dibuat menggunakan animasi komputer.
5.    New Media sebagai Estetika yang menemani Tahap Awal Baru Setiap Media modern dan Teknologi Komunikasi
“Sementara kiasan ideologis memang tampaknya akan muncul kembali lebih teratur, strategi estetik banyak mungkin muncul kembali dua atau tiga kali. Agar pendekatan ini akan benar-benar berguna itu tidak akan cukup untuk hanya nama strategi dan kiasan dan untuk merekam momen penampilan mereka, melainkan kita harus mengembangkan analisis yang komprehensif banyak lagi yang berkorelasi sejarah teknologi dengan sosial, sejarah politik, dan ekonomis atau periode modern. ”
6.    New Media sebagai Eksekusi Cepat Eksekusi Algoritma Sebelumnya secara manual atau melalui Teknologi Lain
Komputer adalah mempercepat-besar apa yang sebelumnya teknik manual. kalkulator misalnya. “Secara dramatis mempercepat eksekusi membuat mungkin sebelumnya tidak ada teknik yang representasional.” Hal ini juga memungkinkan banyak bentuk-bentuk baru seni media seperti multimedia interaktif dan permainan komputer. “Pada satu tingkat, sebuah komputer digital modern hanyalah sebuah kalkulator cepat, kita tidak harus mengabaikan identitas lainnya:. Yang dari alat kontrol sibernetik”
7.    New Media sebagai Encoding dari Avant-Garde Modernis; New Media sebagai Metamedia
Manovich menyatakan bahwa tahun 1920 lebih relevan dengan New Media daripada jangka waktu lainnya Meta-media yang bertepatan dengan postmodernisme dalam bahwa mereka berdua bekerja mengolah tua daripada menciptakan yang baru bekerja. Media baru avant-garde “adalah tentang cara-cara baru untuk mengakses dan memanipulasi informasi” (hypermedia, database, mesin pencari, dll). Meta-media adalah sebuah contoh bagaimana kuantitas dapat berubah menjadi kualitas seperti dalam teknologi media baru dan teknik manipulasi dapat “recode estetika modernis menjadi estetika postmodern sangat berbeda.”
8.    New Media sebagai Artikulasi Paralel Gagasan serupa di Pasca-Perang Dunia II Seni dan Komputasi Modern
Pasang Seni Perang Dunia II atau “kombinatorik” melibatkan menciptakan gambar dengan sistematis mengubah parameter tunggal. Hal ini mengarah pada penciptaan atau gambar sangat mirip dan struktur spasial. “Ini menggambarkan bahwa algoritma, ini bagian penting dari media baru, tidak tergantung pada teknologi, tetapi dapat dijalankan oleh manusia.”

3   3.  Penerapan New Media di berbagai situs


New Media merupakan sarana perantara yang baru, dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat diartikan sebagai media-media baru yang hadir sejak perkembangan teknologi di akhir abad ke-20. Contoh komponen perangkat new media saat ini yaitu, seperti: handphone/smartphone, laptop, tablet, serta perangkat digital lainnya.
Dalam penerapannya, New Media sangat berhubungan dengan internet yang juga merupakan komponen utama New Media. Contoh penerapan New Media ke dalam internet yaitu, sebagai berikut:

1.   Jejaring Sosial

Jejaring sosial merupakan penerapan New Media ke dalam internet yang banyak digunakan saat ini. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita dapat melakukan berbagai hal. Seperti berkomunikasi dengan orang yang jauh dengan mudah , berbisnis dan mengembangkan usaha yang dimiliki dengan cara membagikannya ke social media yang dimiliki masyarakat, serta untuk mengunggah moment-moment menyenangkan dalam hari-hari anda . Contoh jejaring sosial New Media, yaitu: Facebook, Twitter, Instagram, Path,dll.

 2.  Aplikasi Chatting atau Messenger

Selain jejaring sosial, kegiatan saling mengirim pesan singkat secara langsung juga sangat populer dalam perkembangan New Media. Banyak aplikasi chatting atau messenger berbasis internet yang digunakan masyarakat. Aplikasi tersebut memudahkan dalam berkomunikasi secara cepat dengan berbagai fitur menarik dan dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah . Kita tidak hanya dapat mengirim pesan teks, tapi juga dapat mengirim gambar, file, video, bahkan saling bertatap muka dengan fitur video call serta dapat menelpon dengan fitur voice call, tentunya hal ini dapat anda lakukan jika anda memiliki akses internet yang baik . Contoh aplikasi chatting atau messenger, yaitu: BBM (blackberry messenger), WhatsApp, Line, KakaoTalk Messenger, WeChat, dan sebagainya

3.  Video Conference

Dengan menggunakan video conference, kita dapat berkomunikasi secara real time dengan bertatap muka dengan dua orang atau lebih. Contoh aplikasi video conference, yaitu: Skype, ooVoo, dan lain-lain.

4.      Hiburan

Selain berkomunikasi, New Media juga sangat berpengaruh dalam perkembangan dunia hiburan. Seperti dalam dunia musik dan permainan. Contohnya yaitu: berbagai permainan online di internet, aplikasi games atau permainan untuk smartphone, Youtube, dan berbagai aplikasi pemutar musik atau music player

5.   Pendidikan dan Edukasi

Penerapan New Media ke dalam internet juga mempengaruhi dunia pendidikan. Dengan adanya internet, proses pembelajaran menjadi lebih mudah. Contohnya, yaitu: E-Book atau buku digital, berbagai video pembelajaran, materi pembelajaran di internet, dan berbagai situs tanya jawab seputar pendidikan di internet.

Penerapan new media dalam internet pada zaman sekarang ini sudah sangat pesat. sudah banyak media media yg bisa digunakan untuk membantu user dalam pencarian informasi , dunia hiburan, edukasi dan sebagainya. Jejaring sosial seperti facebook, twitter , fkurk , myspace ,dll juga sudah menerapkan new media.
Contohnya saja myspace, dengan myspace kita bisa mengupload video, dan menshare-nya seperti pada sebuah web blog, akan tetapi blogging bukan merupakan bisnis utama dalam MySpace. Anggota jejaring ini bisa melihat tampilan video di MySpace via ponsel. Bahkan, penggunaan video mobile MySpace bisa mengalahkan video streaming YouTube. MySpace termasuk jejaring sosial yang penuh aplikasi. Sampai Maret 2008, 2,1 juta aplikasi diinstal ke komunitas MySpace. Salah satunya, truth box untuk komunikasi. Dalam sehari, tercatat sekitar 117 juta pengunjung menyambangi MySpace. Sampai awal tahun 2008 anggota MySpace paling banyak bermukim di AS. Namun, di Indonesia situs ini tidak begitu populer.
Selain myspace ada juga youtube. Mungkin sudah banyak yang tahu tentang situs video streaming yang populer ini bahkan mungkin ygang paling lengkap dan variatif.dengan youtube kita bisa meng-upload video dan bisa diakses oleh seluruh dunia secara gratis.
Yang saya sebutkan diatas merupakan bentuk general dari New Media dan kali ini saya akan menjelaskan nya lebih mendetail lagi seputar new media namun dalam bentuk penggunaan new media terhadap media komunikasi yang banyak disenangi mahasiswa maupun masyarakat yaitu LINE MESSENGER


SEPUTAR LINE



Untuk dapat menggunakan LINE, Anda harus melewati beberapa tahap sebagai berikut :
Langkah pertama yang anda lakukan adalah dengan mendownload aplikasi dari situs resmi LINE atau melalui application store pada masing-masing platform seperti BlackBerry App World, Google Play, Apple Store, atau Windows Marketplace kemudian Instal aplikasi yang telah di download Setelah instalasi, untuk kode aktivasi ID LINE anda akan dikirim SMS melalui nomor handphone anda. Selanjutnya kode aktivasi dapat anda masukkan kedalam kolom yang tersedia untuk aktivasi LINE. LINE segera aktif dan mendata kontak di phonebook anda yang menggunakan aplikasi LINE dan sekaligus menjadi teman anda. Untuk memulai chat dengan teman anda, klik pada nama di tab friends anda.Anda dapat melakukan pengaturan LINE tab setting sesuai dengan keinginan anda mulai dari notifikasi, ukuran font, hingga profil anda. Pengaturan terdiri dari dua yaitu Basic Setting dan Privacy Setting.Anda dapat mencari teman dengan menggunakan QR code atau dengan menggunakan nama ID pengguna. LINE pun memiliki fitur sticker yang dapat anda unduh dengan mudah( berbayar / gratis) anda dapat memilih sesuai dengan selera anda, fitur sticker ini biasanya digunakan untuk menambah komunikasi anda melalui LINE dengan orang yang anda sayangi menjadi lebih berwarna

Perlu diketahui bahwa sistem operasi pendukung dari LINE diantaranya; Ios, Android, Windows Phone, BlackBerry OS,Mac OS X,Windows 8
LINE menggunakan nomor handphone sebagai teman kontak di LINE. Semua nomor handphone dalam kontak smartphone anda akan langsung menjadi teman anda. Chat dapat dilakukan dengan sesama teman yang menggunakan aplikasi LINE ini.
Selain menggunakan nomor, user ID juga disediakan oleh LINE untuk memudahkan pencarian teman LINE anda.

Berikut ini saya bagi lagi menjadi beberapa point seputar LINE MESSENGER

1. Apa sebenarnya LINE MESSENGER?

LINE Messenger adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pda      berbagai platform seperti telepon cerdastablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan            menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim      pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara.



2.     Bagaimana sejarah hingga munculnya LINE MESSENGER?


LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android. Setelah sukses pada kedua sistem tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Lalu pada tahun 2012, LINE resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows.Kesuksesan LINE sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia. LINE menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya JepangTaiwanSpanyolRusiaHong KongThailandSingapuraMalaysiaMacauSwissArab SaudiUni Emirat Arab, dan lain-lain. LINE akan membuka kantor di Indonesia secara resmi pada pertengahan 2012, dan lokalisasi konten aplikasi Indonesia direncanakan akan selesai tahun 2013

3.     Apa saja fitur-fitur yang dimiliki LINE ?

  • Sticker Shop, merupakan gambar yang merupakan bagian dari IM smiley. Anda dapat menggunakan sticker pada tab sticker setelah mengunduhnya melalui Sticker Shop. Terdapat berbagai  sticker menarik untuk mengekspresikan perbincangan dalam bentuk gambar yang dikategorikan dengan Rank(sticker yang paling banyak diunduh) , New(Kumpulan sticker terbaru), Free (Sticker gratis yang dapat diunduh tanpa membelinya), Categories(Berisi  kumpulan sticker yang dibagikan kedalam kategori kecil lagi seperti Manga sticker,cartoons sticker,Disney sticker dll)
  • Attachment, anda dapat melampirkan file untuk anda kirim ke teman LINE anda seperti photo/video, camera,voice,contact,location,keep, Line Pay, Schedule hingga Ladder shuffle
  • Call, dengan sesama pengguna LINE anda dapat menelpon teman LINE anda tanpa bayar karena memanfaatkan jaringan internet.
  •  QR code, dengan menggunakan QR code  anda bisa scan QR code dengan aplikasi ini. QR code ini berfungsi untuk menambah teman di aplikasi LINE ini. Begitu juga sebaliknya.
  • Theme Shop, fitur ini menyediakan tema line yang dapat membuat LINE anda menjadi lebih berwarna dan tentunya dibagi ke dalam berbagai kategori pula  seperti Rank (tema terbaik yang disediakan oleh LINE, New( Tema terbaru ),Free (Tema yang dapat diunduh secara gratis )
  • Official Accounts, dengan adanya fitur ini anda dapat mendapatkan berbagai informasi sesuai dengan yang anda inginkan Misalnya anda ingin menambahkan official account dari Alfamart. Maka anda akan menambahkan akun Alfamart dalam LINE anda dan anda akan diberitahukan oleh pihak Alfamart seputar informasi yang mereka bagikan seperti promo harian hingga diskon yang dibagikan oleh Alfamart
  • LINE Pay, dengan fitur ini anda dapat memulai e-cash
  • People Nearby,  fitur ini berguna untuk anda yang ingin menambahkan kontak dari orang yang berada disekitar anda. Misalnya anda melihat wanita cantik sedang duduk di sebrang anda. Dengan adanya fitur ini , anda dapat mendapatkan kontak wanita tersebut tanpa harus memintanya secara langsung
  • Line shopping, dengan adanya line shoppig anda dapat berbelanja sesuai dengan selera anda tentunya dengan diskon yang banyak ditampilkan pula membuat anda lebih tertarik untuk bebrelanja di Line Shopping
  • Line Jobs, nahh dengan adanya fitur Line jobs ini. Masyarakat sangat terbantu dalam menemukan informasi seputar lowongan pekerjaan terbaru yang dibuka dari berbagai perusahaan dan anda pun dapat mencari pekerjaan sesuai dengan yang anda inginkan dimulai dari segi lokasi, tipe pekerjaan yang anda inginkan dan mengetahui tingkat edukasi yang anda miliki apakah sesuai atau tidak dengan tingkat edukasi yang anda miliki
  • Line @, dengan adanya fitur ini and dapat membuat akun double LINE untuk membuka bisnis yang anda inginkan. Misalnya anda ingin menjual jam tangan. Anda dapat membuat akun bisnis anda dengan mudah dan tentunya dapat diikuti oleh lebih dari 1000 orang yang berminat untuk membeli barang yang anda tawarkan
  • Post Relay, Memungkinkan kamu untuk ikut berpartisipasi menanggapi status di beranda line teman kamu. Tidak hanya jejaring sosial media yang semakin bersaing dengan fitur-fitur terbaru mereka. Messenger juga harus mengeluarkan fitur terbaru, inovasi baru untuk menjaga penggunanya tidak beralih menggunakan aplikasi lain.
4.     Apa saja kelebihan dari LINE MESSENGER?

·       Line menyediakan Blocked List sehingga pengguna dapat memblok user ID atau nomor handphone untuk tidak masuk dalam kontak Line pengguna
·       Merupakan aplikasi lintas platform
·       Banyak sticker-sticker lucu yang dapat mewakili perasaan pengguna untuk digunakan dalam obrolan
·       Dilengkapi berbagai fitur seperti yang saya jelaskan pada point ke 3

5.     Apa saja pencapaian yang telah dilakukan LINE MESSENGER?

Aplikasi gratis nomor 1 di 42 negara



SUMBER:
http://radzinugraha.blogspot.co.id/2010/10/penggunaan-new-media.html
https://www.kompasiana.com/firar/media-baru-era-teknologi-digital_54f34831745513802b6c6f59
https://id.wikipedia.org/wiki/LINE
http://www.komburkali.com/2017/05/relay-line-fitur-terbaru-line-messenger.html
https://id.wikipedia.org/wiki/LINE#Pencapaian
http://aunirachman.blogspot.co.id/2015/10/penerapan-new-media-ke-dalam-internet.html
https://fakhrimahdi67.wordpress.com/2015/10/13/penerapan-new-media-kedalam-internet/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar