ARTIKEL TENTANG SEJARAH, KONSEP NEW MEDIA DAN PENERAPAN NEW MEDIA DI BERBAGAI SITUS
(Tugas softskill : Peng.Tek.Internet & New Media)
Saat mendengar kata New Media pastilah yang terlintas
dipikiran kita adalah suatu media baru, suatu media yang berasal dari
perkembangan ilmu teknologi yang secara tidak lagsung sangat mempengaruhi
budaya dan cara Pendidikan dilingkungan masyarakat, media baru pun memiliki
berbagai macam bentuk dimulai dari media elektronik hingga media cetak. Pada
media elektronik pada zaman manusia belum memiliki tv, semua orang mendapatkan
berita-berita secara langsung melalui radio hingga pada saat orang mengenal tv
dan memilikinya maka kebiasaan orang yang dulunya suka mendengarkan radio pun
kini mulai ditinggalkan. Apakah anda sadar bahwa perkembangan teknologi
sangatlah cepat ? Kini Televisi bukanlah suatu benda yang menjadi titik fokus
masyarakat untuk mendapatkan informasi karna pada zaman yang modern ini kita
sudah sangat mengenal internet. Seperti yang kita ketahui internet adalah jaringan antar komputer yang mempunyai
hubungan langsung satu komputer ke komputer lain di dunia yang mempunya alamat
internet masing-masing yang dinamai web atau dengan kata lain saya mengatakan
bahwa internet adalah sumber untuk menggali informasi yang kita inginkan
sedalam mungkin. Jika kita ingin mencari tahu apa saja bahaya ransomware kita
tidak perlu mencari informasi yang kita inginkan melalui buku , kita dapat
mengetikkan dengan mudah dengan jemari kita dengan mengakses internet yang kita
miliki. “Bagaimanakah bahaya ransomware? ”
tidak perlu menunggu waktu yang lama, sekejap itupun kita langsung mendapatkan
informasi yang kita inginkan dari berbagai situs.
Pada new media
kali ini yang akan dibahas ialah mengenai sejarah, konsep new media dan penerapan new
media di berbagai situs serta contoh implementasi dari new media secara mendetail . Setelah adanya komputer banyak dari sebagian masyarakat
di bumi menghabiskan waktunya didepan komputer hanya untuk menyelesaikan pekerjaannya
dari cara bekerja yang seperti itu pun telah terlihat bahwa hilangnya sifat
kebuadayan dan saling interaksinya manusia secara langsung dan cara kerja sama
sesama manusia karena apa yang dihasilkan komputer lebih cepat dan bagus.
1.Sejarah
New Media
Pada tahun
1960, hubungan antara komputasi dan seni radikal mulai tumbuh lebih kuat. Tidak
sampai 1980-an yang Alan Kay dan rekan-pekerja di Xerox PARC mulai memberikan
kekuatan komputer pribadi untuk individu, daripada memiliki organisasi besar
bertanggung jawab atas ini."Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an,
bagaimanapun, tampaknya kita menyaksikan berbagai jenis hubungan paralel antara
perubahan sosial dan desain komputer ,. Meskipun tidak berhubungan kausal
konseptual masuk akal bahwa Perang Dingin dan desain Web berlangsung tepat
waktu yang sama
Sampai tahun
1980-an media terutama bergantung pada media cetak dan analog siaran model,
seperti orang-orang dari televisi dan radio . Penggunaan komputer digital telah
mengubah sisa 'tua' media menjadi suatu new
media, seperti yang disarankan oleh munculnya televisi digital dan
publikasi online . Bahkan bentuk media tradisional seperti mesin cetak telah
diubah melalui penerapan teknologi seperti manipulasi gambar perangkat lunak
seperti Adobe Photoshop dan alat-alat desktop publishing lainnya
W. Andrew L.
Shapiro (1999) berpendapat bahwa "munculnya baru, teknologi digital sinyal
radikal pergeseran Potensi yang mengendalikan informasi, pengalaman dan sumber
daya (Shapiro dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Russell Neuman
(1991) menunjukkan bahwa sementara "media baru" memiliki kemampuan
teknis untuk menarik satu arah, dan sosial ekonomi kekuatan tarik kembali ke
arah yang berlawanan. Menurut Neuman, "Kami menyaksikan evolusi jaringan
interkoneksi universal audio, video, dan komunikasi teks elektronik yang akan
mengaburkan perbedaan antara komunikasi interpersonal dan massa dan antara
komunikasi publik dan swasta" (Neuman dikutip dalam Croteau dan Hoynes
2003: 322). Neuman berpendapat bahwa New Media akan:
* Mengubah arti
jarak geografis.
* Memungkinkan
untuk peningkatan yang sangat besar dalam volume komunikasi .
* Memberikan
kemungkinan meningkatkan kecepatan komunikasi.
* Memberikan
kesempatan untuk komunikasi interaktif.
* Memungkinkan
bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah untuk tumpang tindih dan interkoneksi.
Akibatnya
anggapan dari cendekiawan seperti Douglas Kellner , Callum Rymer dan James
Bohman bahwa media baru, dan terutama internet, memberikan potensi yang
demokratis postmodern ruang publik, di mana warga negara dapat berpartisipasi
dalam informasi dengan baik, debat non-hirarkis berkaitan dengan struktur
sosial mereka. positif dari penilaian potensi dampak sosial yang baru adalah
media sarjana Berbeda seperti Ed Herman dan Robert McChesney yang telah
menyarankan bahwa transisi ke media baru telah melihat beberapa kuat
transnasional telekomunikasi perusahaan yang mencapai tingkat pengaruh global
yang sampai sekarang terbayangkan .
Kontribusi ke
lapangan seperti Callum Rymer (2009) dan presentasi baru-baru ini di Wikipedia,
serta Lister et al. (2003) dan Friedman (2005) telah menyoroti baik dan negatif
potensial dan aktual implikasi positif dari teknologi media baru, menunjukkan
bahwa beberapa karya awal ke dalam studi media baru bersalah karena teknologi
determinisme - dimana dampak media ditentukan oleh teknologi sendiri, daripada
melalui menelusuri jaringan sosial kompleks yang diatur pengembangan,
pendanaan, pelaksanaan dan pengembangan teknologi masa depan apapun.
Untuk
memperjelas sejarah new media, saya akan memaparkannya kedalam bentuk table
Tahun
|
Kejadian
|
1960
|
Hubungan antara
komputasi dan seni radikal mulai tumbuh lebih kuat.
|
1980-1990
|
Media bergantung pada
media cetak dan analog siaran model, seperti orang-orang dari televisi dan
radio
|
2000-sekarang
|
Munculnya
berbagai situs baru dan inovasi-inovasi new media semakin berkembang seiring
dengan perkembangan teknologi
|
2.Konsep New Media
Sebelum kita mengetahui mengenai
arti sesunggunya media baru, tentunya kita perlu memahami mengenai apa
sebenarnya media terlebih dahulu. Untuk beberapa enam puluh tahun kata 'Media',
telah digunakan sebagai istilah kata tunggal (Williams 1976: 169). Kata media
sering disangkutkan khususnya sebagai media komunikasi yang digunakan oleh
lembaga maupun organisasi untuk mengkomunikasikan maupun memberikan informasi.
Dengan adanya media muncul berbagai sarana aktivitas yang dapat memberikan
dampak terhadap publik
Sebagai contoh media televisi
mempunyai berbagai banyak saluran yang dapat memberikan banyak informasi bagi
publik. Tentunya dibalik media tersebut mempunyai makna khusus bagi pihak-pihak
yang berkepentingan. Dapat dikatakan bahwa isi atau konten dari media yang
dibagikan, diterima dan dikonsumsi oleh publik tentunya diatur dan
dikendalikan. Hal ini menjadi topik perbincangan dan perdebatan mengenai media,
karena dengan berkembangnya teknologi tentunya bukan hanya media saja yang
mengalami perubahan tetapi juga publik yang semakin lama semakin cerdas dan
dapat memilih media yang mereka mau. Jika tadi adalah pengertian media maka
apakah sebenarnya media baru itu?
Media baru ada dikarenakan adanya teknologi baru yang
dapat menggantikan sistem kerja media lama. Semakin berkembangnya teknolgi
perubahan bentuk, produksi, distribusi, dan konsumsi media menjadi lebih
kompleks. Dengan demikian muculnya istilah media baru merupakan sesuatu hal
yang cepat dan berkelanjutan atas berkembangnya tekologi.
Media baru tidak tergolong
problematik, dalam buku ini menjelaskan tiga jawaban untuk menjawab hal
tersebut. Pertama karena media dianggap sebagai dari jaman yang penting apakah
sebagai penyebab atau efek, mereka adalah bagian dari yang lebih besar bahkan
hingga perubahan sejarah global. Kedua, adanya dorongan yang kuat dari
pemberharu idealis dan ideologi positif akan konsep 'baru'. Ketiga, dengan
adanya istilah 'portmanteau' berguna dan inklusif untuk menghindari dan
mengurangi 'media baru' akan istilah-istilah teknis atau lebih spesialis (dan
kontroversial).
Lev Manovich dalam pengantar
Reader New Media, New Media mendefinisikan dengan menggunakan delapan proposisi
sederhana dan ringkas:
1. Media baru versus
Cyberculture
Cyberculture adalah berbagai
fenomena sosial yang berkaitan dengan internet dan jaringan komunikasi (blog,
online multi-player game), sedangkan New Media adalah lebih peduli dengan
benda-benda budaya dan paradigma (digital untuk televisi analog, iPhone).
2. New Media sebagai
Teknologi KomputerDigunakan sebagai Platform Distribusi
New Media adalah obyek budaya yang
menggunakan teknologi komputer digital untuk distribusi dan pameran. misalnya
(setidaknya untuk sekarang) internet, situs Web, multimedia komputer, Blu-ray
disk dll Masalah dengan hal ini adalah bahwa definisi harus direvisi setiap
beberapa tahun. Istilah “media baru” tidak akan “baru” lagi, karena kebanyakan
bentuk budaya akan didistribusikan melalui komputer.
3. New Media sebagai
Data Digital Dikendalikan oleh Software
Bahasa New Media didasarkan pada
asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua benda budaya yang mengandalkan
representasi digital dan komputer berbasis pengiriman melakukan berbagi
sejumlah kualitas umum. Media baru dikurangi menjadi data digital yang dapat
dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Contohnya adalah gambar
disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan
algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna,
abu-abu-skala, mengasah, rasterizing, dll
4. New Media sebagai
Mix Budaya Antara Konvensi yang ada dan Konvensi Perangkat Lunak
“Media Baru hari ini dapat dipahami
sebagai campuran antara konvensi budaya yang lebih tua untuk representasi data,
akses, dan manipulasi dan konvensi terbaru dari representasi data, akses, dan
manipulasi itu. “tua” Data adalah representasi dari realitas visual dan
pengalaman manusia, dan “baru” Data adalah data numerik komputer ini terus
keluar dari tombol “kreatif” keputusan, dan didelegasikan kepada posisi
teknisi. misalnya dalam film, perangkat lunak digunakan di beberapa daerah
produksi, dalam diri orang lain dibuat menggunakan animasi komputer.
5. New Media sebagai
Estetika yang menemani Tahap Awal Baru Setiap Media modern dan Teknologi
Komunikasi
“Sementara kiasan ideologis memang
tampaknya akan muncul kembali lebih teratur, strategi estetik banyak mungkin
muncul kembali dua atau tiga kali. Agar pendekatan ini akan benar-benar berguna
itu tidak akan cukup untuk hanya nama strategi dan kiasan dan untuk merekam
momen penampilan mereka, melainkan kita harus mengembangkan analisis yang
komprehensif banyak lagi yang berkorelasi sejarah teknologi dengan sosial,
sejarah politik, dan ekonomis atau periode modern. ”
6. New Media sebagai
Eksekusi Cepat Eksekusi Algoritma Sebelumnya secara manual atau melalui
Teknologi Lain
Komputer adalah mempercepat-besar
apa yang sebelumnya teknik manual. kalkulator misalnya. “Secara dramatis
mempercepat eksekusi membuat mungkin sebelumnya tidak ada teknik yang
representasional.” Hal ini juga memungkinkan banyak bentuk-bentuk baru seni
media seperti multimedia interaktif dan permainan komputer. “Pada satu tingkat,
sebuah komputer digital modern hanyalah sebuah kalkulator cepat, kita tidak
harus mengabaikan identitas lainnya:. Yang dari alat kontrol sibernetik”
7. New Media sebagai
Encoding dari Avant-Garde Modernis; New Media sebagai Metamedia
Manovich menyatakan bahwa tahun 1920
lebih relevan dengan New Media daripada jangka waktu lainnya Meta-media yang
bertepatan dengan postmodernisme dalam bahwa mereka berdua bekerja mengolah tua
daripada menciptakan yang baru bekerja. Media baru avant-garde “adalah tentang
cara-cara baru untuk mengakses dan memanipulasi informasi” (hypermedia,
database, mesin pencari, dll). Meta-media adalah sebuah contoh bagaimana
kuantitas dapat berubah menjadi kualitas seperti dalam teknologi media baru dan
teknik manipulasi dapat “recode estetika modernis menjadi estetika postmodern
sangat berbeda.”
8. New Media sebagai
Artikulasi Paralel Gagasan serupa di Pasca-Perang Dunia II Seni dan Komputasi
Modern
Pasang Seni Perang Dunia II atau
“kombinatorik” melibatkan menciptakan gambar dengan sistematis mengubah
parameter tunggal. Hal ini mengarah pada penciptaan atau gambar sangat mirip
dan struktur spasial. “Ini menggambarkan bahwa algoritma, ini bagian penting
dari media baru, tidak tergantung pada teknologi, tetapi dapat dijalankan oleh
manusia.”
3 3. Penerapan New Media di berbagai situs
New Media merupakan sarana perantara
yang baru, dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New
Media juga dapat diartikan sebagai media-media baru yang hadir sejak
perkembangan teknologi di akhir abad ke-20. Contoh komponen perangkat new media
saat ini yaitu, seperti: handphone/smartphone, laptop, tablet, serta perangkat
digital lainnya.
Dalam penerapannya, New Media sangat
berhubungan dengan internet yang juga merupakan komponen utama New Media.
Contoh penerapan New Media ke dalam internet yaitu, sebagai berikut:
1. Jejaring Sosial
Jejaring
sosial merupakan penerapan New Media ke dalam internet yang banyak digunakan
saat ini. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita dapat melakukan berbagai
hal. Seperti berkomunikasi dengan orang yang jauh dengan mudah , berbisnis dan
mengembangkan usaha yang dimiliki dengan cara membagikannya ke social media
yang dimiliki masyarakat, serta untuk mengunggah moment-moment menyenangkan
dalam hari-hari anda . Contoh jejaring sosial New Media, yaitu: Facebook,
Twitter, Instagram, Path,dll.
2. Aplikasi Chatting
atau Messenger
Selain
jejaring sosial, kegiatan saling mengirim pesan singkat secara langsung juga
sangat populer dalam perkembangan New Media. Banyak aplikasi chatting atau
messenger berbasis internet yang digunakan masyarakat. Aplikasi tersebut
memudahkan dalam berkomunikasi secara cepat dengan berbagai fitur menarik dan
dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah . Kita tidak hanya dapat mengirim
pesan teks, tapi juga dapat mengirim gambar, file, video, bahkan saling
bertatap muka dengan fitur video call serta dapat menelpon dengan fitur voice
call, tentunya hal ini dapat anda lakukan jika anda memiliki akses internet
yang baik . Contoh aplikasi chatting atau messenger, yaitu: BBM (blackberry
messenger), WhatsApp, Line, KakaoTalk Messenger, WeChat, dan sebagainya
3. Video Conference
Dengan
menggunakan video conference, kita dapat berkomunikasi secara real time dengan
bertatap muka dengan dua orang atau lebih. Contoh aplikasi video conference,
yaitu: Skype, ooVoo, dan lain-lain.
4. Hiburan
Selain
berkomunikasi, New Media juga sangat berpengaruh dalam perkembangan dunia
hiburan. Seperti dalam dunia musik dan permainan. Contohnya yaitu: berbagai
permainan online di internet, aplikasi games atau permainan untuk smartphone,
Youtube, dan berbagai aplikasi pemutar musik atau music player
5. Pendidikan dan
Edukasi
Penerapan
New Media ke dalam internet juga mempengaruhi dunia pendidikan. Dengan adanya
internet, proses pembelajaran menjadi lebih mudah. Contohnya, yaitu: E-Book atau
buku digital, berbagai video pembelajaran, materi pembelajaran di internet, dan
berbagai situs tanya jawab seputar pendidikan di internet.
Penerapan
new media dalam internet pada zaman sekarang ini sudah sangat pesat. sudah
banyak media media yg bisa digunakan untuk membantu user dalam pencarian
informasi , dunia hiburan, edukasi dan sebagainya. Jejaring sosial seperti facebook, twitter , fkurk , myspace ,dll juga sudah menerapkan new media.
Contohnya
saja myspace, dengan myspace kita bisa mengupload video, dan menshare-nya
seperti pada sebuah web blog, akan tetapi blogging bukan merupakan bisnis utama
dalam MySpace. Anggota jejaring ini bisa melihat tampilan video di MySpace via
ponsel. Bahkan, penggunaan video mobile MySpace bisa mengalahkan video
streaming YouTube. MySpace termasuk jejaring sosial yang penuh aplikasi.
Sampai Maret 2008, 2,1 juta aplikasi diinstal ke komunitas MySpace. Salah
satunya, truth box untuk komunikasi. Dalam sehari, tercatat sekitar 117 juta
pengunjung menyambangi MySpace. Sampai awal tahun 2008 anggota MySpace paling
banyak bermukim di AS. Namun, di Indonesia situs ini tidak begitu populer.
Selain
myspace ada juga youtube. Mungkin sudah banyak yang tahu tentang situs video
streaming yang populer ini bahkan mungkin ygang paling lengkap dan
variatif.dengan youtube kita bisa meng-upload video dan bisa diakses oleh
seluruh dunia secara gratis.
Yang saya
sebutkan diatas merupakan bentuk general dari New Media dan kali ini saya akan
menjelaskan nya lebih mendetail lagi seputar new media namun dalam bentuk
penggunaan new media terhadap media komunikasi yang banyak disenangi mahasiswa
maupun masyarakat yaitu LINE MESSENGER
SEPUTAR LINE
Untuk dapat
menggunakan LINE, Anda harus melewati beberapa tahap sebagai berikut :
Langkah pertama
yang anda lakukan adalah dengan mendownload aplikasi dari situs resmi LINE atau
melalui application store pada masing-masing platform seperti BlackBerry App
World, Google Play, Apple Store, atau Windows Marketplace kemudian Instal
aplikasi yang telah di download Setelah instalasi, untuk kode aktivasi ID LINE
anda akan dikirim SMS melalui nomor handphone anda. Selanjutnya kode aktivasi
dapat anda masukkan kedalam kolom yang tersedia untuk aktivasi LINE. LINE
segera aktif dan mendata kontak di phonebook anda yang menggunakan aplikasi
LINE dan sekaligus menjadi teman anda. Untuk memulai chat dengan teman anda,
klik pada nama di tab friends anda.Anda dapat melakukan pengaturan LINE tab
setting sesuai dengan keinginan anda mulai dari notifikasi, ukuran font, hingga
profil anda. Pengaturan terdiri dari dua yaitu Basic Setting dan Privacy
Setting.Anda dapat mencari teman dengan menggunakan QR code atau dengan menggunakan
nama ID pengguna. LINE pun memiliki fitur sticker yang dapat anda unduh dengan
mudah( berbayar / gratis) anda dapat memilih sesuai dengan selera anda, fitur
sticker ini biasanya digunakan untuk menambah komunikasi anda melalui LINE
dengan orang yang anda sayangi menjadi lebih berwarna
Perlu diketahui
bahwa sistem operasi pendukung dari LINE diantaranya; Ios, Android, Windows
Phone, BlackBerry OS,Mac OS X,Windows 8
LINE menggunakan nomor handphone sebagai teman kontak di
LINE. Semua nomor handphone dalam kontak smartphone anda akan langsung menjadi
teman anda. Chat dapat dilakukan dengan sesama teman yang menggunakan aplikasi
LINE ini.
Selain menggunakan nomor, user ID juga
disediakan oleh LINE untuk memudahkan pencarian teman LINE anda.
Berikut ini
saya bagi lagi menjadi beberapa point seputar LINE MESSENGER
1. Apa sebenarnya LINE MESSENGER?
LINE Messenger adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pda berbagai platform
seperti telepon
cerdas, tablet, dan komputer. LINE difungsikan
dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan
aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan
lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara.
2. Bagaimana sejarah hingga munculnya LINE
MESSENGER?
LINE
dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali
dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat
digunakan pada sistem iOS dan Android. Setelah
sukses pada kedua sistem tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry.
Lalu pada tahun 2012, LINE resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada
perangkat Mac dan Windows.Kesuksesan LINE sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari
pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia. LINE
menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat
Arab, dan lain-lain. LINE akan
membuka kantor di Indonesia secara resmi pada pertengahan 2012, dan lokalisasi
konten aplikasi Indonesia direncanakan akan selesai tahun 2013
3. Apa saja fitur-fitur yang dimiliki LINE ?
- Sticker Shop, merupakan gambar yang merupakan bagian dari IM smiley. Anda dapat menggunakan sticker pada tab sticker setelah mengunduhnya melalui Sticker Shop. Terdapat berbagai sticker menarik untuk mengekspresikan perbincangan dalam bentuk gambar yang dikategorikan dengan Rank(sticker yang paling banyak diunduh) , New(Kumpulan sticker terbaru), Free (Sticker gratis yang dapat diunduh tanpa membelinya), Categories(Berisi kumpulan sticker yang dibagikan kedalam kategori kecil lagi seperti Manga sticker,cartoons sticker,Disney sticker dll)
- Attachment,
anda dapat melampirkan file untuk anda kirim ke teman LINE anda seperti
photo/video, camera,voice,contact,location,keep, Line Pay, Schedule hingga
Ladder shuffle
- Call,
dengan sesama pengguna LINE anda dapat menelpon teman LINE anda tanpa
bayar karena memanfaatkan jaringan internet.
- QR code, dengan menggunakan QR code anda bisa scan QR code dengan aplikasi
ini. QR code ini berfungsi untuk menambah teman di aplikasi LINE ini.
Begitu juga sebaliknya.
- Theme
Shop, fitur ini menyediakan tema line yang dapat membuat LINE anda menjadi
lebih berwarna dan tentunya dibagi ke dalam berbagai kategori pula seperti Rank (tema terbaik yang
disediakan oleh LINE, New( Tema terbaru ),Free (Tema yang dapat diunduh
secara gratis )
- Official
Accounts, dengan adanya fitur ini anda dapat mendapatkan berbagai
informasi sesuai dengan yang anda inginkan Misalnya anda ingin menambahkan
official account dari Alfamart. Maka anda akan menambahkan akun Alfamart
dalam LINE anda dan anda akan diberitahukan oleh pihak Alfamart seputar
informasi yang mereka bagikan seperti promo harian hingga diskon yang
dibagikan oleh Alfamart
- LINE
Pay, dengan fitur ini anda dapat memulai e-cash
- People
Nearby, fitur ini berguna untuk
anda yang ingin menambahkan kontak dari orang yang berada disekitar anda.
Misalnya anda melihat wanita cantik sedang duduk di sebrang anda. Dengan
adanya fitur ini , anda dapat mendapatkan kontak wanita tersebut tanpa
harus memintanya secara langsung
- Line
shopping, dengan adanya line shoppig anda dapat berbelanja sesuai dengan
selera anda tentunya dengan diskon yang banyak ditampilkan pula membuat
anda lebih tertarik untuk bebrelanja di Line Shopping
- Line
Jobs, nahh dengan adanya fitur Line jobs ini. Masyarakat sangat terbantu
dalam menemukan informasi seputar lowongan pekerjaan terbaru yang dibuka
dari berbagai perusahaan dan anda pun dapat mencari pekerjaan sesuai
dengan yang anda inginkan dimulai dari segi lokasi, tipe pekerjaan yang
anda inginkan dan mengetahui tingkat edukasi yang anda miliki apakah
sesuai atau tidak dengan tingkat edukasi yang anda miliki
- Line
@, dengan adanya fitur ini and dapat membuat akun double LINE untuk
membuka bisnis yang anda inginkan. Misalnya anda ingin menjual jam tangan.
Anda dapat membuat akun bisnis anda dengan mudah dan tentunya dapat
diikuti oleh lebih dari 1000 orang yang berminat untuk membeli barang yang
anda tawarkan
- Post
Relay, Memungkinkan kamu
untuk ikut berpartisipasi menanggapi status di beranda line teman kamu.
Tidak hanya jejaring sosial media yang semakin bersaing dengan fitur-fitur
terbaru mereka. Messenger juga harus mengeluarkan fitur terbaru, inovasi
baru untuk menjaga penggunanya tidak beralih menggunakan aplikasi lain.
4. Apa saja kelebihan dari
LINE MESSENGER?
· Line menyediakan
Blocked List sehingga pengguna dapat memblok user ID atau nomor handphone untuk
tidak masuk dalam kontak Line pengguna
· Merupakan aplikasi
lintas platform
·
Banyak
sticker-sticker lucu yang dapat mewakili perasaan pengguna untuk digunakan
dalam obrolan
·
Dilengkapi
berbagai fitur seperti yang saya jelaskan pada point ke 3
5. Apa saja pencapaian
yang telah dilakukan LINE MESSENGER?
Aplikasi gratis nomor 1 di 42 negara
SUMBER:
http://radzinugraha.blogspot.co.id/2010/10/penggunaan-new-media.html
https://www.kompasiana.com/firar/media-baru-era-teknologi-digital_54f34831745513802b6c6f59
https://id.wikipedia.org/wiki/LINE
http://www.komburkali.com/2017/05/relay-line-fitur-terbaru-line-messenger.html
https://id.wikipedia.org/wiki/LINE#Pencapaian
http://aunirachman.blogspot.co.id/2015/10/penerapan-new-media-ke-dalam-internet.html
https://fakhrimahdi67.wordpress.com/2015/10/13/penerapan-new-media-kedalam-internet/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar