Senin, 02 April 2018

TIPS MENGATUR WAKTU UNTUK MAHASISWA







Saat menginjak masa kuliah tentunya kita disibukkan oleh berbagai macam kegiatan.
Kegiatan yang ada pun beraneka ragam, baik itu dalam segi akademik maupun non akademik.
Dalam menjalankan setiap kegiatan tersebut tentunya kita dituntut untuk dapat melakukan semuanya secara terstruktur dan terjadwal. Coba saja bayangkan jika anda memiliki begitu banyak kegiatan yang harus dilakukan namun anda tidak memiliki kemampuan dalam management waktu. Apakah semuanya akan berjalan dengan lancar? Tentu tidak
Oleh sebab itu diperlukan suatu management atau pengolahan waktu dalam diri kita. Dengan adanya management waktu kita jadi mampu mengalokasikan setiap tugas dengan terencana dan terstruktur.
Berikut ini saya jabarkan bagaimana cara management waktu untuk mahasiswa


1.    Ketahui kegiatan mana yang menjadi prioritas
  

Dari semua kegiatan tentunya kita memiliki beberapa kegiatan yang harus diselesaikan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Prioritas disini maksudnya adalah yang paling utama / yang paling penting. Jika ada yang diluar itu maka segera tinggalkan, hal ini memang terkadang sering disepelekan. Namun jika anda berhasil menentukan mana kegiatan yang prioritas dan mana yang bukan anda mampu mengalokasikan waktu sobat dengan benar 

2.  Buatlah To-do list untukmu 


       Dari dulu, dalam menyusun kegiatan saya tidak pernah lepas dari yang namanya to-do        list
To-do list adalah suatu rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh si pembuat. Nah
Biasanya saya memiliki 3 buah  to-do list.
To-do list yang pertama berisi rangkaian kegiatan sehari-hari saya di rumah. Semua kegiatan yang terkait dengan kegiatan membersihkan, mengepel, mencuci pakaian dan lain-lain saya cantumkan disini.
To-do list yang kedua berisi rangkaian Pr / tugas yang saya dapat dari kampus. Jadi misalnya saya mendapat tugas dari dosen saya akan segera menulisnya di to-do list ini kemudian saya akan mengurutkan prioritas mana yang harus saya kerjakan terlebih dahulu.
To-do list yang ketiga biasanya saya tempelkan di dinding/gabus. Disini saya mengumpulkan semua kegiatan permanen yang harus saya lakukan dan bersifat wajib. Kegiatan yang saya tulis pun dapat berupa kapan saya melakukan perawatan rambut, wajah dan kulit kemudian saya cantumkan juga hari dimana saya harus melakukan kegiatan membersihkan kamar secara menyeluruh di dalam satu hari. Semuanya dapat anda jadwalkan sesuai kebutuhan anda.

3.  Gunakan waktu mu secara produktif


Jika kamu memutuskan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Hal utama yang menjadi musuhmu adalah perasaan malas yang datang begitu saja. Kita tidak mampu melakukan kegiatan secara produktif jika niat dalam melakukan pekerjaan tersebut tidak cukup besar
Biasakan untuk menggunakan prinsip “Semakin malas kamu melakukan suatu pekerjaan, semakin paksakan dirimu untuk mengerjakannya” dari dulu saya selalu menggunakan prinsip ini. Jika saya malas, kapan saya akan mengerjakannya? Toh juga nantinya saya harus kerjakan lagi walaupun mengulur-ngulur waktu 


4.  Jauhi yang menjadi penghalang untukmu



Jika kamu pernah berpikir sosial media membuatmu menghabiskan waktu terbuang begitu saja maka kamu harus mampu mengendalikan hasrat untuk bermain dunia maya.
Sobat, dunia maya memang bisa membuat kita menjadi terhibur. Tapi jangan sampai hal tersebut membuatmu menjadi dikendalikan oleh smartphone canggih milikmu.
Silent handphone, selesaikan tugas mu dengan cepat baru lah kamu bermain sesuka hatimu jika semua tugas sudah selesai dengan baik.


5. Weekend adalah hari istirahat untukmu 


Dalam pengalokasian waktu tentunya kamu menghabiskan begitu banyak hari dengan begitu produktif. Namun  jangan terlarut dalam kesibukanmu, luangkanlah setidaknya 1 hari dalam 1 minggu yang kamu gunakan untuk beristirahat. Dalam hari ini kamu tidak mengerjakan tugas apapun, kamu bebas bermalas-malasan pada hari ini namun jangan lupa kamu hanya dapat bermalas-malasan jika semua kegiatan mu sudah terselesaikan
Jika diperlukan, lakukanlah hal yang dapat membuat mu menjadi lebih bahagia pada hari weekend.
Kamu bisa menonton film, berjalan bersama teman-temanmu dan melakukan kegiatan menyenangkan lainnya.


6. Tetapkan deadline kamu 


Tandailah kalender dan tetapkanlah deadlinemu. Jika kamu memiliki tugas yang memiliki jangka panjang. Kerjakanlah sedikit demi sedikit, jika kamu melihat deadline tersebut di kalender maka kamu akan terus teringat dan mengerjakannya sedikit demi sedikit.


7. Jangan selalu mengatakan YA dalam setiap ajakan 


Jika anda memiliki banyak pekerjaan, cobalah jangan terlalu sering menjawab YA dalam setiap ajakan. Jika kamu memiliki tugas yang harus dikumpulkan besok dan temanmu mengajak mu keluar di malam hari sebaiknya kamu pikir dua kali. Jika kamu kelelahan dan menjadi tidak sempat  mengerjakan tugasmu bukankah tugas mu menjadi terbengkalai? Oleh sebab itu jika kamu ingin bersenang-senang usahakanlah untuk dapat menentukan waktu yang tepat. Jika kamu memang butuh hiburan setidaknya tentukan berapa lama waktu yang kamu butuhkan sehingga tidak menghambat pekerjaan mu 


itulah 7 tips yang dapat kamu lakukan agar dapat mengatur waktu dengan baik. Usahakanlah untuk dapat membedakan mana yang menjadi prioritas dalam suatu pekerjaan dan aturlah waktu anda dengan sebaik mungkin sehingga semua kegiatanmu dapat terlaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar