Saat menginjak
masa kuliah tentunya kita disibukkan oleh berbagai macam kegiatan.
Kegiatan yang
ada pun beraneka ragam, baik itu dalam segi akademik maupun non akademik.
Dalam
menjalankan setiap kegiatan tersebut tentunya kita dituntut untuk dapat
melakukan semuanya secara terstruktur dan terjadwal. Coba saja bayangkan jika
anda memiliki begitu banyak kegiatan yang harus dilakukan namun anda tidak
memiliki kemampuan dalam management waktu. Apakah semuanya akan berjalan dengan lancar? Tentu tidak
Oleh sebab itu
diperlukan suatu management atau pengolahan waktu dalam diri kita. Dengan
adanya management waktu kita jadi mampu mengalokasikan setiap tugas dengan
terencana dan terstruktur.
Berikut ini
saya jabarkan bagaimana cara management waktu untuk mahasiswa
1.
Ketahui kegiatan mana
yang menjadi prioritas
Dari
semua kegiatan tentunya kita memiliki beberapa kegiatan yang harus diselesaikan
dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Prioritas disini maksudnya adalah
yang paling utama / yang paling penting. Jika ada yang diluar itu maka segera
tinggalkan, hal ini memang terkadang sering disepelekan. Namun jika anda
berhasil menentukan mana kegiatan yang prioritas dan mana yang bukan anda mampu
mengalokasikan waktu sobat dengan benar
2. Buatlah To-do list untukmu
Dari
dulu, dalam menyusun kegiatan saya tidak pernah lepas dari yang namanya to-do list
To-do
list adalah suatu rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh si pembuat. Nah
Biasanya
saya memiliki 3 buah to-do list.
To-do
list yang pertama berisi rangkaian kegiatan sehari-hari saya di rumah. Semua kegiatan yang terkait dengan kegiatan
membersihkan, mengepel, mencuci pakaian dan lain-lain saya cantumkan disini.
To-do
list yang kedua berisi rangkaian Pr / tugas yang saya dapat dari kampus. Jadi
misalnya saya mendapat tugas dari dosen saya akan segera menulisnya di to-do
list ini kemudian saya akan mengurutkan prioritas mana yang harus saya kerjakan
terlebih dahulu.
To-do
list yang ketiga biasanya saya tempelkan di dinding/gabus. Disini saya
mengumpulkan semua kegiatan permanen yang harus saya lakukan dan bersifat
wajib. Kegiatan yang saya tulis pun dapat berupa kapan saya melakukan perawatan
rambut, wajah dan kulit kemudian saya cantumkan juga hari dimana saya harus
melakukan kegiatan membersihkan kamar secara menyeluruh di dalam satu hari.
Semuanya dapat anda jadwalkan sesuai kebutuhan anda.
3. Gunakan waktu mu secara produktif
Jika
kamu memutuskan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Hal utama yang menjadi
musuhmu adalah perasaan malas yang datang begitu saja. Kita tidak mampu melakukan
kegiatan secara produktif jika niat dalam melakukan pekerjaan tersebut tidak
cukup besar
Biasakan untuk menggunakan prinsip “Semakin malas kamu melakukan suatu pekerjaan,
semakin paksakan dirimu untuk mengerjakannya” dari dulu saya selalu menggunakan
prinsip ini. Jika saya malas, kapan saya akan mengerjakannya? Toh juga
nantinya saya harus kerjakan lagi walaupun mengulur-ngulur waktu
4. Jauhi yang menjadi penghalang untukmu
Jika
kamu pernah berpikir sosial media membuatmu menghabiskan waktu terbuang begitu
saja maka kamu harus mampu mengendalikan hasrat untuk bermain dunia maya.
Sobat,
dunia maya memang bisa membuat kita menjadi terhibur. Tapi jangan sampai hal
tersebut membuatmu menjadi dikendalikan oleh smartphone canggih milikmu.
Silent
handphone, selesaikan tugas mu dengan cepat baru lah kamu bermain sesuka
hatimu jika semua tugas sudah selesai dengan baik.
5. Weekend adalah hari istirahat untukmu
Dalam pengalokasian waktu tentunya
kamu menghabiskan begitu banyak hari dengan begitu produktif. Namun jangan terlarut dalam kesibukanmu,
luangkanlah setidaknya 1 hari dalam 1 minggu yang kamu gunakan untuk
beristirahat. Dalam hari ini kamu tidak mengerjakan tugas apapun, kamu bebas
bermalas-malasan pada hari ini namun jangan lupa kamu hanya dapat
bermalas-malasan jika semua kegiatan mu sudah terselesaikan
Jika diperlukan, lakukanlah hal
yang dapat membuat mu menjadi lebih bahagia pada hari weekend.
Kamu bisa menonton film, berjalan bersama
teman-temanmu dan melakukan kegiatan menyenangkan lainnya.
6. Tetapkan deadline kamu
Tandailah kalender dan tetapkanlah
deadlinemu. Jika kamu memiliki tugas yang memiliki jangka panjang. Kerjakanlah
sedikit demi sedikit, jika kamu melihat deadline tersebut di kalender maka kamu
akan terus teringat dan mengerjakannya sedikit demi sedikit.
7. Jangan selalu mengatakan YA dalam setiap ajakan
Jika anda memiliki banyak pekerjaan,
cobalah jangan terlalu sering menjawab YA dalam setiap ajakan. Jika kamu
memiliki tugas yang harus dikumpulkan besok dan temanmu mengajak mu keluar di
malam hari sebaiknya kamu pikir dua kali. Jika kamu kelelahan dan menjadi tidak
sempat mengerjakan tugasmu bukankah
tugas mu menjadi terbengkalai? Oleh sebab itu jika kamu ingin bersenang-senang
usahakanlah untuk dapat menentukan waktu yang tepat. Jika kamu memang butuh
hiburan setidaknya tentukan berapa lama waktu yang kamu butuhkan sehingga tidak
menghambat pekerjaan mu
itulah 7 tips yang dapat kamu lakukan agar dapat mengatur waktu dengan baik. Usahakanlah untuk dapat membedakan mana yang menjadi prioritas dalam suatu pekerjaan dan aturlah waktu anda dengan sebaik mungkin sehingga semua kegiatanmu dapat terlaksana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar