Sabtu, 05 Januari 2019

Tugas Desain Pemodelan Grafik ke - 3


PEMBUATAN ANIMASI 4 MENIT DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER


      A. PENGENALAN BLENDER


Ø  Pengertian Blender

Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).
Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti: ,Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, IRIX, Solaris ,NetBSD, FreeBSD, OpenBSD.

Ø  Fitur Pada Blender


ü  Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
ü  Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
ü  Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
ü  Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
ü  UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
ü  Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
ü  Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
ü  Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
ü  Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio

B. PENGGUNAAN SOFTWARE BLENDER DALAM PEMBUATAN ANIMASI BERDURASI 4 MENIT 

Dalam animasi 4 menit ini kami membaginya menjadi beberapa bagian, diantaranya ;

1.INTRO
Dalam intro, animasi di menit pertama ini menunjukkan pengenalan dari animasi kami dimana kami menggunakan 3 kucing yang bernama Arin, Clara dan Fika. Untuk pembuatan intro berikut saya uraikan langkah-langahnya ; 

Langkah pertama bukalah software Blender yang ada pada desktop, kemudian buatlah objek kucing dengan memadukan objek cube dan silinder yang sudah dimodifikasi sehingga membentuk objek kucing.
                              
                               


                           Tambahkan kamera dan lampu menggunakan shortcut SHIFT+A sehingga objek                                   kucing dapat lebih terlihat dan tidak gelap.
                           Setelah objek kucing terlihat jelas, tambahkan 2 buah objek Uv sphere dan 1 buah                               object cone untuk membuat wajah kucing menggunakan Shortcut Shift+A>mesh.
                           
                           

                         
                          Setelah ini tambahkan warna pada objek kucing baik itu dari bagian badan, mata dan                            mulut. Setelah diberikan warna maka akan tampil seperti dibawah ini. Lakukan                                    duplikat 3 kali sehingga membentuk 3 object kucing yang sama.
                           
                          

       
                          
                         Jika ingin tampilan lebih mulus, tambahkan subdivision surface pada modifier object                           kucing. Anda dapat menambahkan aksesoris dengan menggunakan objek lainnya                                 sesuai keinginan anda.
                         Langkah selanjutnya adalah struktur layer animasi baik dari segi object maupun                                   background.
                         Tambahkan objek plane dan masuk ke menu texture.


                               Masuk ke menu UV Editing dan klik tab agar ke edit mode ,lakukan unwrap agar
                               texture dapatterimplementasi ke object plane.
                               
                             Setelah itu tambahkan objek pohon untuk memperhias tampilan animasi.

                             
                         Kemudian atur frame rate nya, disini kami menggunakan 30 fps sehingga jika ingin                             membuat 1 menit, 30fps x 30 detik sehingga menghasilkan 900 frame rate

                         Kemudian lakukan rendering dengan klik animation dan atur menjadi avi raw.


LINK YOUTUBE :
https://www.youtube.com/watch?v=HSpF6Emt--Q&t=97s






Tidak ada komentar:

Posting Komentar