PEMBUATAN ANIMASI 4 MENIT DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER
A. PENGENALAN BLENDER
Ø
Pengertian
Blender
Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah
lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System).
Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di
bawah GPL (GNU General Public License).
Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti: ,Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, IRIX, Solaris ,NetBSD, FreeBSD, OpenBSD.
Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti: ,Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, IRIX, Solaris ,NetBSD, FreeBSD, OpenBSD.
Ø
Fitur
Pada Blender
ü
Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon,
permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan;
Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
ü
Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning;
lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
ü
Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing
kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi,
pemutaran Audio; sistem kendala animasi
ü
Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor
gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan
melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut,
vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah
untuk penyaji eksternal
ü
UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan
Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional
mengedit peta UV
ü
Shading: membaur dan shader specular; Node
editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
ü
Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat
dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
ü
Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR
dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8
mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V
menyebar plits
ü
Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis
logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex,
kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis
dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan
dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
B. PENGGUNAAN SOFTWARE BLENDER DALAM PEMBUATAN ANIMASI BERDURASI 4 MENIT
Dalam animasi 4 menit ini kami membaginya menjadi beberapa bagian, diantaranya ;
1.INTRO
Dalam intro, animasi di menit pertama ini menunjukkan pengenalan dari animasi kami dimana kami menggunakan 3 kucing yang bernama Arin, Clara dan Fika. Untuk pembuatan intro berikut saya uraikan langkah-langahnya ;
Langkah pertama bukalah software Blender yang ada pada desktop, kemudian buatlah objek kucing dengan memadukan objek cube dan silinder yang sudah dimodifikasi sehingga membentuk objek kucing.
Langkah pertama bukalah software Blender yang ada pada desktop, kemudian buatlah objek kucing dengan memadukan objek cube dan silinder yang sudah dimodifikasi sehingga membentuk objek kucing.
Tambahkan kamera dan lampu menggunakan shortcut SHIFT+A
sehingga objek kucing dapat lebih terlihat dan tidak gelap.
Setelah objek kucing terlihat jelas, tambahkan 2 buah objek
Uv sphere dan 1 buah object cone untuk membuat wajah kucing menggunakan
Shortcut Shift+A>mesh.
Setelah ini tambahkan warna pada objek kucing baik itu dari
bagian badan, mata dan mulut. Setelah diberikan warna maka akan tampil seperti
dibawah ini. Lakukan duplikat 3 kali sehingga membentuk 3 object kucing yang
sama.
Jika ingin tampilan lebih mulus, tambahkan subdivision
surface pada modifier object kucing. Anda dapat menambahkan aksesoris dengan
menggunakan objek lainnya sesuai keinginan anda.
Langkah selanjutnya adalah struktur layer animasi baik dari
segi object maupun background.
Tambahkan objek plane dan masuk ke menu texture.
Masuk ke menu UV Editing dan klik tab agar ke edit mode
,lakukan unwrap agar
texture dapatterimplementasi ke object plane.
Setelah itu tambahkan objek pohon untuk memperhias tampilan
animasi.
Kemudian atur frame rate nya, disini kami menggunakan 30 fps
sehingga jika ingin membuat 1 menit, 30fps x 30 detik sehingga menghasilkan 900
frame rate
Kemudian lakukan rendering dengan klik animation dan atur
menjadi avi raw.
LINK YOUTUBE :
https://www.youtube.com/watch?v=HSpF6Emt--Q&t=97s
Tidak ada komentar:
Posting Komentar